<


Klasifikasi Baku Jabatan Pramuwisata

Profesi Pramuwisata dalam KBJI 2014

Klasifikasi Jabatan Pramuwisata

Rapat pembahasan Klasifikasi Jabatan Baku Indonesia (KBJI) 2021 di Hotel Harris Bekasi melibatkan praktisi, akademisi, usaha dan industri diselenggarakan oleh Kemenparekraf (11/4) dihadiri Pengawas Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Erwan Maulana. Draf penyempurnaan KBJI 2021 pada jabatan Pendamping Wisata perlu keterangan lebih rinci tentang definisi pramuwisata, tugas utama dan standar kompetensi.  

 

Dalam KBJI 2014 yang ditetapkan antara dua lembaga Negara, yakni Kementerian Ketenagakerjaan Nomor 7/NK/MEN/XII/2014 dengan Badan Pusat Statistik Nomor 24/KS/05-XII/2014 tentang Penyediaan, Pemanfaatan, dan Pengembangan Data Informasi Statistik Ketenagakerjaan telah muncul nama jabatan Senior Tourist Guide Biro Perjalanan Wisata. KBJI 2014 disusun berdasarkan International Standar Classification of Occupation 2008 yang diterbitkan International Labour Organisation. Data ini berisi statistik ketenagakerjaan yang diperlukan dalam rangka menyusun kebijakan pembangunan menurut data dan informasi yang akurat, konsisten, dan berkesinambungan.

 

Draf Klasifikasi baku jabatan indonesia 2021 juga memetakan sembilan jenis dan golongan pekerjaan sebagaimana diatur KBJI 2014 berikut ini. Klasifikasi dimulai dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan POLRI, pertama Manajer dan Pejabat Tinggi Pemerintah, kedua Profesional, ketiga Teknisi, keempat  Tenaga Tata Usaha, kelima Tenaga Usaha Jasa dan Penjualan, keenam Pekerja Terampil Pertanian Kehutanan, ketujuh Pekerja Pengolahan Kerajinan, kedelapan Operator Perakit Mesin, dan kesembilan Pekerja Kasar.

Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia 2014

Pramuwisata termasuk dalam klasifikasi (5) Tenaga Usaha Jasa dan Penjualan, kategori Tenaga Usaha Jasa Perorangan yakni Tenaga Pelayanan Perjalanan, Kondektur, dan Pramuwisata. Dalam kelompok ini ada jabatan Juru Masak, Pramusaji dan Pramutama Bar/Bartender, Penata Rambut, Perawat Kecantikan/Beautician,Tenaga Pengawas Gedung dan Kerumahtanggaan, dan Tenaga Usaha Jasa Perorangan lainnya.

 

 Struktur Jabatan KBJI 2014 contohnya Golongan Pokok (5) menjelaskan jenis Pekerjaan dalam golongan pokok yang diklasifikasikan ke dalam beberapa Subgolongan Pokok sebagai berikut: 51. Tenaga usaha jasa perorangan; 52. Tenaga penjuala; 53. Tenaga usaha perawatan pribadi; dan 54. Tenaga usaha jasa perlindungan.

Jabatan Pramuwisata disebutkan KBJI 2014 dalam Struktur - Kode - Judul 

Golongan Pokok         (5)  Tenaga Usaha Jasa dan Tenaga Penjualan

Subgolongan Pokok    (51)   Tenaga Usaha Jasa Perorangan

Golongan                   (5111)   Tenaga Pelayanan Perjalanan

Subgolongan              (5112)    Kondektur Transportasi

Jabatan                       (5113)    Pramuwisata

 

Golongan

Tenaga pelayanan perjalanan, kondektur dan pramuwisata menyediakan berbagai layanan pribadi sehubungan dengan perjalanan dengan pesawat, kereta, kapal, bus atau kendaraan lain, dan mengawal individu dan kelompok dalam tur perjalanan, kunjungan wisata dan tamasya.

Tugas : memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang, melayani makanan dan minuman, memberikan informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan perjalanan, mengumpulkan atau menerbitkan tiket pada lembaga angkutan umum, menyertai individu atau kelompok dalam tur wisata atau tamasya dan menjelaskan daya tariknya.

 

Pekerjaan diklasifikasi dalam Subgolongan :

Jabatan Pramuwisata

Pramuwisata menemani individu atau kelompok di perjalanan, tur dan wisata dan tur menjelaskan hal-hal menarik dan memberikan informasi latar belakang mengenai fitur menarik.

a) memberikan informasi, mengawal dan memandu wisatawan di kapal pesiar dan tur wisata;

b) mengawal pengunjung melalui tempat-tempat menarik seperti museum, pameran, taman hiburan, pabrik dan perusahaan industri lainnya sesuai itenerary perjalanan;

c) menjelaskan dan memberikan informasi tentang tempat menarik dan pameran dan menanggapi pertanyaan;

d) melakukan kegiatan pendidikan untuk anak-anak sekolah;

e) memantau kegiatan pengunjung untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan perusahaan

f) menyambut dan mendaftar pengunjung dan peserta tur, dan mengeluarkan tanda identifikasi yang diperlukan atau alat keamanan;

g) mendistribusikan brosur, menampilkan presentasi audiovisual, dan menjelaskan prosedur dan operasional di lokasi tur;

h) menyediakan keselamatan fisik kelompok, dan melakukan kegiatan seperti memberikan pertolongan pertama dan mengarahkan evakuasi darurat;

i) menyelesaikan masalah terkait perjalanan wisata, layanan, atau akomodasi.

Tugas ..............  Tanggung jawab ...............

 

DPP HPI berkepentingan dalam penyempurnaan KBJI 2021 ini ditugaskan mengisi definisi pramuwisata, tugas utama dan standar kompetensi mengacu pada norma SOP HPI dan SKKNI Pemandu Wisata. Hal ini untuk mengkonfirmasi tugas dan jabatan Pramuwisata mulai dari definisi, lingkup pekerjaan, tanggung jawab, tugas utama, tugas khusus, dan standar kompetensi.

Tentang usulan definisi pramuwisata adalah Seseorang yang memandu wisatawan dengan Bahasa yang dikuasainya dan menginterpretasikan sejarah, budaya, keanekaragaman hayati. Serta memiliki kualifikasi yang dikeluarkan dan/atau diakui oleh otoritas setempat.

Lingkup bidang kerja pramuwisata meliputi obyek kunjungan atau atraksi wisata tertentu. Pramuwisata bertanggung jawab atas pekerjaannya; Menjaga keselamatan wisatawan selama berada di obyek atau atraksi wisata; Memastikan wisatawan mentaati peraturan yang berlaku di destinasi; dan Memberikan informasi yang benar kepada wisatawan.

Tugas utama pramuwisata : Melaksanakan pemanduan wisata. Mulai dari menyambut kedatangan wisatawan di obyek daya tarik maupun atraksi wisata, memberikan informasi, melakukan aktifitas interpretasi, hingga mengantar kembali ke lokasi penjemputan pada saat kunjungan telah  berakhir.

 

Melindungi kepentingan industri pariwisata dengan mempromosikan kepada wisatawan agar menghormati serta ikut melestarikan obyek wisata, adat istiadat, lingkungan, keanekaragaman hayati dan peninggalan cagar budaya.

 

Standar Kompetensi;

(1) Menyusun Rencana Perjalanan, (2) Menyiapkan Perangkat Perjalanan, (3) Menyiapkan Informasi Wisata, (4) Mengomunikasikan Informasi, (5)  Memberikan Pelayanan Penjemputan dan Pengantaran, (6) Melakukan Pemanduan di Objek Wisata, (7) Memimpin Perjalanan Wisata, (8) Melakukan Interpretasi Dalam Pemanduan Wisata, (9) Mengelola Wisata yang diperpanjang Waktunya, (10). Membuat Laporan Pemanduan Wisata, (11) Menangani Situasi Konflik, (12) Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja, (13) Melakukan Pertolongan Pertama, (14) Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Wisatawan, (15) Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda, (16) Melakukan Komunikasi Melalui Telepon, (17) Melakukan Prosedur Administrasi, (18)  Mencari Data di Komputer, (19) Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Pariwisata.

 

 

Klik Klasifikasi Jabatan Baku Indonesia 2014 https://www.bps.go.id/website/fileMenu/KBJI-2014.pdf  (amm/mcnews).

 

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved